Jumat, 01 November 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » tips memulai bisnis makanan

tips memulai bisnis makanan


Banyak orang mengatakan,bahwa bisnis makanan adalah bisnis yang ngak matinye. Karena setiap orang selama dia masih bernafas,pasti membutuhkan asupan makanan. Jangan dipungkiri juga,berapa orang pebisnis disekitar anda yang akhirnya gulung tikar karena pailit dalam bisnis yang satu ini. Untuk itu perlu dubuat perencanaan yang matang serta strategi berdagang yang betul-betul matang. Belajar dan berkonsultasi kepada ahlinya adalah jalan terbaik agar anda bisa sukses.
Dibawah ini,saya tuliskan beberapa tips bagaiamana memulai usaha kuliner yang diambil dari berbagai sumber.

1. Membentuk peluang : membuat ciri khas (makanan) yg belum ada dipebisnis kuliner sebelumnya. Anda bisa membuat vareasi baik bentuk maupun rasa dengan bahan baku yang sama atau berbeda sekalipun. Ini akan memjadikan bahwa produk makanan anda mempunyai "brand" tersendiri. Orang biasanya akan memcari keunikan dan teste tersendiri yang sama sekali belim pernah dijumpai.

2. Kenali harga : Jangan dibuat "kesal" oleh tamu anda gara-gara makanan yang anda sajikan terasa mahal oleh mereka sementara mereka mengetahui dengan produk dan rasa yang sama di rumah makan lain, lebih rendah harganya. Untuk itu,sangat wajar bila anda mengkalkulasikan harga terlebih dahulu sebelum dijual kekonsumen. Anda bisa survai ke tempat bisnis kuliner lain untuk menetapkan harga yang wajar dan pantas.

3. Gratis dulu,kenapa tidak ?. Sesudah anda membuat produk makanan yang siap dipasarkan,tidak ada salahnya untuk mencari orang-orang disekitar anda dengan mencoba mencicipi makanan hasil olahan anda. Ini diibaratkan sebagai "lingkaran survai". Sehingga hasilnya betul-betul otentik dan memuaskan. Jangan lupa untuk memperbaiki rasa,bila memang menu makanan produk anda belum dirasakan enak.

4. Beriklan : Ini adalah yang sering dilupakan kebanyakan orang yang memulai bisnis makanan. Berapapun kecilnya omzet usaha anda,beriklan adalah senjata yang ampuh agar tempat dan produk makanan anda dikenal luas. Banyak cara dilakukan untuk melakukan ini,mulai yang bayar sampai gratis. Anda bisa menggunakan jejaring sosial semacam facebook,sebar brosur,sampai mengunakan media masa. Dan jangan lupa ! sertakan diskon agar calon konsumen anda tertarik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar